January 31, 2023

Asslamualaikum Wr, WB.

Alhamdulillahirabbilalamin, shalawat dan salam ke atas Nabi Muhammad SAW.

Seminar yang dihadiri oleh Mudir Ma’had Aljamiah IAIN Pontianak, Musrif\fah dan seluruh mahasantri putra dan putri. Dr. Avin Nadhir, CHI., M.CHt (founder desa inggris Singosari-Malang) menyampaikan dalam seminarnya Syarat menjadi orang hebat adalah harus fokus dan konsentrasi pada diri sendiri. Belajar bahasa Inggris ini merupakan sebuah alat agar kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang diluar sana dan bisa memperbanyak jaringan.

Bagaimana cara belajar bahasa Inggris saat itu ?

  1. Keberanian
  2. Pembiasaan diri untuk berbicara (harus ada lingkungan yang mendukung)
  3. Harus memiliki keberanian untuk mempraktekkan (banyak orang yang bisa bahasa Inggris namun takut untuk mempraktekkan)

Kita tidak bisa berbahasa Inggris, karena pemikiran kita yang sempit, karena doktrin dari orang” sekitar kita
Belajar bahasa Inggris bukan hanya untuk orang yang pintar, bukan hanya untuk orang yang cerdas, tetapi untuk orang yang mau berbicara.

Belajar bahasa Inggris bisa dari mana saja, berguru lebih bagus.

Buat lah kesempatan untuk anda dalam membuat karya.
Setiap orang punya kesempatan yang sama, setiap orang bisa mendapatkan kesuksesan yang sama tergantung seorang itu ikhtiar dan bertawakal.
Kesempatan itu harus kita ciptakan bukan menunggu kesempatan.

Pendidikan yang pas untuk saat ini bukan sekolah formal tetapi homeschooling. Karena sudah terfokuskan untuk kedepannya.

Ketika belajar bahasa Inggris bentuk apa pun tidak usah memikirkan benar salah nya. Yang diperlukan ialah keberanian untuk praktek, 6 bulan belajar, 3 bulan nya praktek
Sistemnya mereka harus menjadi santri, proses belajar di mulai jam 3 pagi, sholat tahajud, 5 wakt wajib jama’ah, Dhuha, maghrib-isya ngaji, 1 hari akan ketemu proses belajar 5-6 kali pertemuan, tidak menggunakan ruangan kelas, menstimulasi otak jadi harus belajar di luar ruangan
Strategi menyanyi, jalan” keliling kampung berbahasa Inggris, magic mantra bagaimana kita bisa punya banyak hafalan tanpa banyak menghafal. Siang masuk kelas gramer, speaking dan permainan, dnuhur-ashar Istirahat. tidak hanya sekedar belajar bahasa Inggris, ada hal yang lebih penting belajar bagaimana kita memiliki tata Krama yg baik, karakter dan tingkah laku yang baik, bahasa Inggris hanya sebagai media komunikasi.

Seminar yang disampaikan pada 15 November 2022 di Aula Ma’had Aljamiah IAIN Pontianak

Wassalamualaikum, WR. WB

Penyerahan sertifikat dan penghargaan dari Mahad Aljamiah IAIN Pontianak
Baner seminar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *